Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEUNTUNGAN SERAGAM SATPAM MIRIP POLISI, BERIKUT ULASANNYA?

         "Ref Gambar : Kompas.Com"
SuaraSatpam.Com - Sekitar satu tahun yang lalu seragam Satpam mirip dengan Polisi dan kabar terbaru seragam Satpam akan diganti dengan warna Krem. Namun terkait pergantian seragam warna Krem akan dikajikan ulang walaupun sudah beredar informasi di masyarakat umum. 

Awalnya seragam Satpam lebih dominan "Putih dan Biru" namun keputusan mantan Kapolri Idham Azis memberikan intruksi seragam Satpam menjadi "Cokelat Muda Mirip Polisi" dengan tujuan untuk menumbuhkan kebanggaan Satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Hal ini di respon juga oleh BUJP, Asosisasi dan komunitas security untuk menggunakan seragam baru tentu dalam pelaksanaan tugas terutama untuk menghadapi persaingan bisnis mengelolah sumber daya security. Karena menjadi bahan evaluasi terhadap kelayakan perusahaan pengamanan apabila tidak  menanggapi setiap perubahan yang terjadi.

        "Ref Gambar : CNN Indonesia"
Nah, sekarang menjadi pro dan kontra karena tidak urgency untuk menggantikan seragam Satpam. Seharusnya sebelum ganti seragam Satpam cokelat muda perlu dikaji secara luas terutama pencetak regulasi atau aturan persatpaman di Indonesia.

Sampai saat ini Satpam sangat bangga dengan menggunakan seragam cokelat muda, tidak ada juga Satpam melakukan pelanggaran yang siginifikan seperti memberhentikan kendaraan di jalanan karena akan mengira mirip polisi atau kasus kejadian lainnya atau tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Satpam Indonesia. 

Untuk itu, bila seragam Satpam mirip Polisi ada beberapa poin penting keuntungan untuk dijadikan strategi dan konsep pengamanan jangka panjang. Berikut uraiannya : 

#1. Polisi di Untungkan :

Untuk menjaga keamanan di lingkungan kerja "Perbandingan Polisi dengan Satpam" secara keseluruhan lebih banyak Satpam yang berada dimana-mana, masyarakat umum akan berpikir untuk berbuat kriminal tentunya akan beranggapan "Wah ada Polisi" padahal Satpam. Artinya ini bagian kontribusi menjadi kekuatan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di lokasi kerjanya.

Meskipun alasannya saat ini masyarakat sulit membedakan antara "Satpam dengan Polisi" karena seragamnya sangat mirip Polisi. Hal ini perlu diadakan riset secara mendalam untuk memastikan bahwa seragam Satpam yang akan diganti saat ini tidak akan berulang sebelumnya atau diganti dengan yang baru lagi dengan alasan tidak menentu.

#2. Kebanggaan Para Satpam :

Ini menjadi pemuliaan Satpam melalui seragam cokelat muda karena mirip dengan Polisi. Secara psikologis sering saya amati di jalan yang sedang mengendari kendaraan roda dua dengan seragam Satpam lengkap, secara tidak langsung pasti menginginkan bahwa sepintas "Masyarakat umum lainnya" bahwa apa yang dilihat adalah Polisi. 

Kepercayaan diri meningkat karena seragam yang digunakan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan "Kewenangan kepolisian terbatas" maksudnya sama dengan tugas Polisi, namun tugas Satpam hanya di lingkungan kerjanya saja. Yang harus diingat agar tetap menjaga sikap dan perilaku baik perkataan maupun perbuatan, sehingga lebih berwibawa di mata customer atau pengguna jasa security tersebut. 

#3. Pelaku Bisnis :

Ini mendapatkan ketenangan tersendiri terutama pelaku usaha, baik yang menggunakan jasa pengamanannya maupun hanya sebagai pandangan saja bahwa ada Satpam mirip Polisi, ya maksudnya dengan analisa bila satpam berada di lingkungan kerja secara otomatis akan mengurangi tindakan kejahatan baik internal dan eksternal. 

Tujuannya untuk melindungi dari segala bentuk ancaman dan gangguan "Baik kepentingan pengembangan unit usaha maupun kerja sama dengan investasi lainnya". Ini menjadi suatu magnet yang positif bahwa Satpam bisa menjadi tolok ukur juga dalam mengembangkan usaha karena prioritasnya pasti membuat "Rasa aman dan nyaman". 

#4. Keluarga Ikut Merasakan Senang :

Sudah pasti tidak diragukan lagi, bahwa pada dasarnya apapun profesinya keluarga tetap bangga baik Istri, Anak, Bapak, Ibu, dan keluarga lainnya. Terlebih pekerjaan Satpam adalah pekerjaan yang sangat mulia dan berguna untuk banyak orang terutama yang berada disekitar lingkungan kerja. Nilai tambahnya yakni perubahan seragam mirip Polisi tentunya merasa bahwa bapak saya atau lainnya "Menjadi Polisi".

Sehingga melekat dalam setiap keluarganya terutama menjalani profesi Satpam Indonesia. Rasa senang tentu ada ketika ikhlas dan bersyukur menerima apa adanya artinya tetap bisa mengatur penghasilan apa yang diterima setiap bulannya. Karena kuncinya bisa menerima kekurangan dengan menyimpan kelebihan, sehingga kenikmatan selalu tercipta bagi keluarga yang menjalankannya.

Dengan demikian keuntungan ini sebagai penghantar bahwa seragam Satpam mirip Polisi menjadi kebanggaan meskipun akan digantikan kembali karena kebijakannya pembuat regulasi dan feedback dari masyarakat umum. Sehingga selain seragam Satpam yang mengalami perubahan, perlu kesejahteraan yang dibutuhkan baik saat ini maupun masa akan datang.

1 komentar untuk "KEUNTUNGAN SERAGAM SATPAM MIRIP POLISI, BERIKUT ULASANNYA?"

Terimaksih telah berkomentar :)