Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KONSEP DASAR MEMBANGUN INDONESIA SECURITY NETWORKING

Hallo…Sahabat Satpam dimanapun berada? ISN menyapa rekan-rekan satu profesi baik yang berada di kota maupun sampai pelosok Nusantara. Mari bergabung untuk mendukung Satpam yang lebih mulia dan sejahtera dimasa akan datang tentu tidak hanya ucapan dan tulisan ini saja, melainkan bergerak bersama dan bertindak serentak untuk meraih kemenangan melalui profesi Satpam.

Mungkin rekan-rekan profesi Satpam bingung untuk bergabung atau belum tahu caranya menjadi anggota ISN. Sebetulnya mudah sekali dengan menyebar tulisan ini atau mengajak teman untuk mendekat dan merapatkan barisan agar Satpam Indonesia bersatu atas dasar tujuan positif yang bersama-sama, bahwa sudah seharusnya profesi Satpam lebih mulia sesuai dengan tujuan ISN hadir yakni "Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia". 

Perkembangan dunia security semakin pesat namun belum ada wadah yang serius untuk menampung inspirasi atau keluh kesah baik dari penghasilan maupun dari sisi ketenagakerjaan, hal ini perlu dipikirkan juga sesama profesi Satpam untuk bersuara dengan kompak dan saling memberikan dukungan satu sama lain. Masih banyak juga anggota security yang menerima gaji setiap bulan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku yakni "dibawah UMR/UMP".

Dengan kehadiran "Indonesia Security Networking" akan membawah ke suasana yang berbeda untuk mencapai puncak pemuliaan Satpam Indonesia. Mungkin sekarang masih belum terdengar namun proses ini lah ISN bergerak "siapa tau yang membaca tulisan ini ada yang mewakili baik dibidang pemerintahan, asosiasi security lainnya sebagai perwakilan menyampaikan suara kami di ISN ini.

Walaupun sebenarnya rekan-rekan yang sudah lama menjalani profesi satpam sudah ada yang berprofesi tambahan mungkin ini lebih mulia seperti sudah yang menjadi Pengacara, menjadi Pengusaha, menjadi Dosen, bergabung di serikat kerja, menjadi anggota Dewan perwakilan rakyat, menjadi guru, menjadi TNI/POLRI, dan profesi lainnya. Dengan tidak melupakan profesi Satpam, bisa jadi sebagai investor atau hanya dibelakang layar saja ya seperti komisaris dan lain sebagainya. 

Sederhananya sih begini, dengan profesi ini siapa tahu ada jaringan atau chanel menyampaikan keluh-kesah atau teriakan Satpam agar didengar sampai dengan pemerintah atau pihak yang memberikan keputusan bahwa satpam sudah saatnya mulia dan naik tahta.

Indikator singkat pemuliaan profesi Satpam, untuk memberikan suara agar menjadi perhatian pihak yang berwewenang :

  1. Regulasi dan aturan Satpam lebih jelas dan terukur. Jangan hanya karena "salam tempel atau proses bawah meja" semua urusan bisa diselesaikan walaupun sebetulnya tidak benar dan merugikan pihak lain.
  2. Gaji Satpam dibawah UMR/UMP. Ini mau teriak kemana siapa yang bertanggung jawab seperti buah simalakama karena pengelolah Security tidak patuh terhadap aturan yang berlaku.
  3. Persaingan bisnis Security tidak sehat. Dengan tidak menjual murah seperti mempermainkan management fee, potongan seragam security, bahkan amplop berbunyi atau memberikan apapun itu asal memenangkan proyek, dan lain sebagainya.
  4. BUJP banyak yang tidak memperpanjang SIO perusahaan. Seperti yang diungkapkan oleh Pak Agus ketua Abujapi bahwa 4.800 BUJP di Indonesia namun yang aktif hanya 1.400.

4 Point diatas merupakan suatu tindakan untuk mendobrak suatu terobosan baru menjadi profesi Satpam "mulia dan sejahtera" walaupun sudah diketahui seluruh praktisi Satpam Indonesia baik sebagai pengelolah maupun sebagai pemilik langsung. Namun ini hanya angin lalu saja karena ingin bisnis terus bertumbuh tentu meraih keuntungan dari bisnis security tersebut. Sisi lain pasti memahami dan mengetahui seperti fenomena diatas.

Dari pertemuan minggu lalu tepatnya Sabtu (05/02/2022) ISN komunitas mengadakan pertemuan secara ofline atau tatap muka secara langsung di Plaza Pestival Kuningan. Untuk membicarakan hal apa saja untuk memajukan profesi Satpam tetap mulia dan sejahtera mulai saat ini sampai akhir hayat nanti. Ambisi ini tentu didukung oleh rekan-rekan ISN lainnya seperti pak Haposan, bu Tri, pak Sunarto, dan sahabat ISN yang saya tidak sebutkan satu persatu. 

Kemudian komunitas ISN ini sudah terbentuk sejak 25 Agustus 2019 dari East Java Security Networking idenya muncul sendiri dan di dukung oleh rekan-rekan keamanan Jawa Timur dari seorang Mohammad Lukman "ucap dari pak Haposan". Sekitar tiga tahun ISN sudah berjalan mencari jalan ke arah yang positif dengan ambisi memajukan profesi Satpam dengan berbagai macam kegiatan.

"Pertukaran informasi keamanan global dan lokal, atau bagian dari negara, bangsa dan internasional. Sharing pengalaman dan bertukar pikiran dari praktisi keamanan lainnya. Meningkatkan keterampilan keamanan melalui anggota group atau komunitas yang berpertisipasi memberikan materi. Membangun mitra dan kolaborasi yang efektif antara individu-individu industrial keamanan yang perofesional".

Ungkapan diatas merupakan tujuan ketua dari "Bang Haposan" semoga perwujudan ini menjadi nyata dalam tindakan dan gerakan untuk memajukan komunitas Indonesia security networking. Tentu bermanfaat untuk profesi Satpam seluruh Indonesia yang saling mendukung satu sama lain dengan tidak melihat dari bendera securitynya atau tidak membedakan asal security mana juga, intinya salam korsa salam satu koprs satu suara yaitu "Security atau Satpam Indonesia".

Kata kuncinya tetap menjalin silaturahmi baik melalui ofline atau tatap muka langsung, meningkatkan komunikasi melalui whatsApp group, berbagi ilmu melalui webinar atau training, sharing informasi dari fenomena-fenemona dan study kasus security, merangkul dan mengajak satu profesi satpam yang belum bergabung, mengundang praktisi lain untuk mengisi knowledge yang berhubungan dengan ilmu security.

Mari yang sudah dekat rapatkan pasukan dan tetap kompak sharing knowledge dan informasi yang berharga tentang perkembangan security. Sedangkan yang jauh silahkan bergabung untuk memberi dan berbagi ilmu pengetahun kepada rekan sesama satu profesi Indonesia. Jaringan security perlu dibangun dari pikiran dan hati yang fundamentalnya mengacu pada untuk memajuan satpam seluruh Indonesia, kalau buka kita siapa lagi? Ayo bergabung…!!!

3 komentar untuk "KONSEP DASAR MEMBANGUN INDONESIA SECURITY NETWORKING"

  1. Semoga dengan hadirnya ISN dapat membantu rekan seperjuangan untuk mendapatkan hak-hak satpamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak saya setuju dengan hal tersebut..

      Hapus
    2. Bergerak dan bertindak bersama untuk memuliakan profesi Satpam...

      Hapus

Terimaksih telah berkomentar :)