Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROSES SECURITY MANAJEMEN RISIKO ISO 31000 : 2018

Dalam perkembangan dunia Security proses pekerjaan menjadi prioritas untuk di design sebelum mendapatkan proyek baru atau lokasi kerja yang sudah lama perlu diberikan evaluasi dengan menganalisa berbasis manajemen risiko. Kerentanan yang terjadi dalam pengamanan justru hadir pada saat pengelola security dan pengguna jasa security menganggap semua aman-aman saja dan tidak perlu review atau monitoring pekerjaan secara berkala.

Perubahan lingkungan kerja menjadi pedoman dalam memperbaiki proses yang sudah ada, apakah sudah sesuai dengan sebelumnya atau sudah tidak layak dengan tata letak lokasi, pengurangan karyawan, penutupan akses karena dijadikan satu akses. Dengan perubahan proses penting untuk dievaluasi baik itu dari sistem kerja, prosedur, lay out gedung atau lokasi kerja, area parkiran kendaraan mobil dan motor, dan beberapa perubahan lainnya. 

Perkembangan dan perubahan bagian untuk melihat potensi risiko dari setiap kegiatan maupun aktivitas manajemen yang mencakupi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Segala hal yang akan menyebabkan kejadian perlu diberikan mitigasi risiko atau langkah-langkah pencegahan atau tindakan saat situasi emergency, kecelakaan kerja, pelanggaraan prosedur kerja, dan celah tindakan kriminal atau sabotase internal dan eksternal dan lain sebagainya.

Berikut uraian proses security manajemen risiko ISO 31000 : 2018 

Ruang Lingkup Pekerjaan :

Scope Of Work atau lebih dikenal SOW untuk menentukan ruang lingkup pelaksanaan pekerjaan security dengan mengacu pada proses manajemen berbasis risiko. Tanggung jawab security dalam melaksanakan pengamanan di lokasi kerja merupakan tolok ukur pembatasan atau area yang diamankan, sehingga pekerjaan security tidak keluar dari tanggung jawab yang sudah disepakati kedua bela pihak (penyedia jasa security dan pengguna jasa security.

KPI security bagian menentukan batasan kerja yang berpedoman pada fungsi manajemen untuk membuat ruang lingkup pengamanan terhadap objek yang diamankan baik benda bergerak maupun benda diam. Diluar dari ruang lingkup bukan berarti tidak menjadi tanggung jawab security, hanya saja agar secara profesional bahwa setiap kejadian bisa terjadi menjadi lebih mudah dalam memberikan respon terhadap permasalahan-permasalahan yang berada dilingkungan kerja security.

Kriteria dan Konteks Pekerjaan :

Kriteria bagian menentukan pengukuran atau tolok ukur dalam objek pekerjaan yang lebih detail dan rinci sehingga menjadi penilaian terhadap potensi risiko yang akan berdampak pada perusahaan atau organisasi tertentu. Kategori kriteria lebih kepada aktivitas security yang meliputi pengamanan perimeter, access control, patroli kawasan lokasi kerja, pengamanan area operasional umum terbatas, pengamanan area sensitif, pengamanan aset inventaris dan lain sebagainya.

Dasar penetapan kriteria lebih kepada pekerjaan security baik teknis maupun non teknis untuk melakukan pencegahan risiko, seperti sistem melaksanakan pemeriksaan kendaraan, prosedur pengecekan keluar/masuk barang, penanganan situasi keadaan emergency bencana alam, bencana sosial dan keadaan tidak menentu lainnya. Berbagai macam kriteria mengetahui sejauh mana risiko yang akan terjadi tidak terlalu besar dari kemungkinan dan dampak setiap akar permasalahan dan kejadian tersebut.

Penilaian Risiko

Identifikasi Risiko

Analisis Risiko

Eveluasi Risiko

Mitigasi Risiko

Pencatatan dan Pelaporan Risiko

Pemantaun dan Peninjauan Risiko

Komunikasi dan Konsultasi Risiko.

Salam Risiko 

7 komentar untuk "PROSES SECURITY MANAJEMEN RISIKO ISO 31000 : 2018"

  1. mantap maju security indonesia.........

    BalasHapus
  2. Jenjang pelatihan satpam ada 3 tingkat yaitu: 1. Dasar (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Gada Madya dan Gada Utama...serta materi pelatihan lainnya...

      Hapus
  3. Muliakan Satpam Indonesia terus berikan Skill Knowledge Performance menuju PROMOTER Profesional Modern Terpercaya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Ian Terima kasih...mari bersama-sama kita muliakan profesi Satpam Indonesia...dengan berbagi dsn memberi atau sharing ilmu yang berguna...

      Hapus

Terimaksih telah berkomentar :)