Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SILATURAHMI BUJP & BINKAMSA POLRES TANGERANG SELATAN

SuaraSatpam.Com - Lippo Karawaci, (16/02/02) Binkamsa Polres Tangerang Selatan mengadakan silaturahmi kepada Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) wilayah Tangerang selatan. Dengan kepentingan untuk pembentukan struktur BUJP dan ramah tamah antara rekan BUJP dengan Binmas Polres Tangerang Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di PappaJack Citywalk Elvee - kawasan karawaci. Dari jam sekitar jam 16.30 - 18.30 Wib dengan beberapa agenda yang akan disampaikan oleh Kasat Bambang Krisnady dan Kanit Febri Andika serta beberapa sharing dan obrolan santai sesama rekan BUJP dan tim Polres Tangerang Selatan. 

Tujuan ini sangat penting diadakan karena menjadi wadah atau tempat untuk sharing koordinasi dan komunikasi terkait kegiatan Satpam yang berhubungan dengan regulasi , berita Satpam terbaru, tentang pelatihan, tentang ketenagakerjaan, dan lain sebagainya. Walaupun secara bisnis sebagai pesaing atau kompetitor terutama pada saat tender dan proyek-proyek security lainnya.

Bukan suatu kendala juga untuk mengadakan pertemuan karena pada dasarnya sesama BUJP adalah sebagai kawan dan lawan "artinya" tidak selamanya sebagai lawan bahkan sebaliknya, melainkan mempunyai strategi persaingan bisnis yang sehat baik sisi sumber daya security, proses operasional security, sistem dan konsep security yang ditawarkan dan seluruh kegiatan BUJP yang berhubungan bisnis.

Adapun BUJP yang hadir diantaranya ISS Indonesia, BKS, Gama, MBS, Bina Karya dan 20-an BUJP lainnya. Kebetulan kedatangan juga perwakilan dari ABUJAPI yang ikut mendukung acara silaturahmi antara BUJP dengan Binmas Polres Tangerang Selatan. Suatu perwujudan yang mulia bila hal ini bisa dilakukan secara berksinambungan.

Sharing AKP Bambang Krisnady.,SH.,MH (Kasatbinmas Polres Tangerang Selatan) :

Awal yang menyejukan pembuka dari "AKP Bambang" beliau menyampaikan atau bercerita tentang "komunitas antara Sopir" di wilayah Cianjur sekitar. Yang mana tujuan ini begitu mulia untuk tetap menjalin komunikasi sesama sopir bila terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti kecelakaan kerja di jalan, pengangguran, atau tidak bisa kerja sama sekali.

Keterlibatan "AKP Bambang" ini mempersatukan dan mengajak gabungan seluruh sopir yang tadinya hanya sedikit sekitar 10 komunitas, namun berbeda dengan sekarang komunitas sopir tersebut sudah berjumlah 400-an. Ini konsep luar biasa untuk membangun kepedulian dalam mengumpulkan dana, anggap saja uang kas sesama sopir artinya untuk kepentingan berbagi kegiatan sosial, sumbang untuk emergency sopir yang mengalami musibah dan lain sebagainya.

Ide pemikiran diatas agar tetap terjalin komunikasi yang baik dan saya bangga apabila hal ini bisa bersatu antar komunitas sopir tersebut "ungkap AKP Bambang" kenyataannya memang sudah berjalan sesuai dengan tujuan. Manfaat ini bisa keberlangsungan meskipun tidak ada beliau, tentunya siapapun yang sudah tergabung tetap meneruskan komunitas sopir tersebut.

Selanjutnya, apa hubungan pertemuan dengan BUJP hari ini "AKP Bambang" mengungkapkan bahwa hubungan dan pertemuan agar dikelolah dengan baik sehingga bisa terwujudkan dan bermanfaat untuk masa akan datang. Artinya sesama BUJP tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi kapanpun dimanapun tentunya bisa dijadwalkan satu bulan sekali atau dua bulan sekali.

Kemudian, dengan terlaksananya silaturahmi agar wadah ini dibentuk struktur organisasi atau pengurus BUJP wilayah Tangerang Selatan. Kebetulan sesuai dengan agenda sore hari ini juga ada pemilihan ketua BUJP Tangsel Selatan, semoga tetap fokus dengan tujuan awal yakni "Silaturahmi dan komunikasi" tetap berjalan secara terus-menerus.

Program Kanit Binmas Ipda Febri Andika.,SH :

Program ini suatu respon yang positif dan angin segar yang disampaikan oleh "Kanit IPDA Febri Andika" untuk menanggapi permasalahan atau kendala BUJP dalam pengurusan regulasi dan operasional Security, kegiatan security, informasi terbaru tentang isu pengamanan, dan lain sebagainya. Berikut program yang akan diimplementasikan oleh Binkamsa Polres Tangerang Selatan melalui "Kanit Ipda Febri Andika".

Program pertama : pengurusan surat pengantar pembuatan SIO (Surat Izin Operasional) yang akan dicanangkan bahwa dalam prosesnya harus "jemput bola" artinya Kanit Febi dan tim Binkamsa Polres Tangerang Selatan akan datang ke kantor BUJP masing-masing. Tentu ini lebih mudah dan perpanjangan surat izin operasional terutama kegiatan pengamanan lainnya.

Program kedua : refresh training dari masing-masing BUJP agar melibatkan Binkamsa dalam dua minggu sekali terutama pelatihan dan pembinaan dengan materi dilapangan sepertinya pelatihan baris berbaris (PBB), senam tongkat borgol (STB) dan kegiatan penyegaran binsik lainnya. Upaya ini merupakan pembentukan sikap Satpam untuk menunjang dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab diarea kerja.

Program ketiga : penyuluhan didalam ruangan dalam satu bulan atau dua bulan Binkamsa Tangerang Selatan akan bergabung untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan dengan materi seperti kewenangan kepolisian terbatas, pengenalan bahan berbahaya narkoba dan narkotika, dan materi yang berhubungan dengan materi kepolisian lainnya. 

3 program ini merupakan sangat penting dan berguna untuk mewujudkan profesionalitas Satpam dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab  dilingkungan kerjanya, serta mengingatkan juga masing-masing dari BUJP agar tetap peduli terhadap Satpam terutama dalam menerapkan regulasi dan pembinaan terhadap Satpam dilokasi kerjanya.

Pembentukan Ketua BUJP Wilayah Tangerang Selatan :

Pemilihan ketua penguyuban BUJP wilayah Tangerang Selatan merupakan pembentukan atas dasar persetujuan dari Kanit Febri Andika dan Kasat Bambang dan rekan BUJP lainnya. Walaupun bersifat dadakan namun ini perlu dibentuk struktur organisasi atau ada yang bertanggung dalam mengadakan berbagai kegiatan Satpam di wilayah Tangerang Selatan.

Sistem pemilihan ketua penguyuban BUJP Tangerang Selatan melalui votting tertutup, sehingga bersifat rahasia dari masing-masing BUJP yang hadir ikut memilih calon ketua penguyuban BUJP tersebut. Walaupun dari 4 orang yang terpilih untuk menjadi calon ketua, 3 orang yang merasa keberatan atau mengundurkan diri sebelum pemilihan dengan alasan keluarga, waktu, tempat tinggal dan lain sebagainya. 

Kemudian, dari 29 BUJP yang ikut memilih dengan hasil perolehan suara adalah Rohman 4 suara, Wahyu 6 suara, Yonoviar 14 suara, dan Remon 5 ketua. Dengan demikian yang terpilih menjadi ketua Bpk Yonoviar dari BUJP MBS. Besar harapannya bisa mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai ketua penguyuban BUJP di wilayah Tangerang Selatan.

Selanjutnya acara ramah tamah dan makan bersama yang sudah disiapkan oleh panitia terutama bang Rohman yang semangatnya mengebu-gebu. Semoga kedepan terus bersilaturahmi untuk tetap membangun Satpam profesional dimasa akan datang.

3 komentar untuk "SILATURAHMI BUJP & BINKAMSA POLRES TANGERANG SELATAN"

  1. Mantap terimakasih rekan2 semua atas partisipasinya tetap semangat dan selalu SOLID

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa...semoga tetap berkontribusi, memajukan profesi Satpam...

      Hapus

Terimaksih telah berkomentar :)