Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Pengembangan Dalam Menghadapi Pesaingan Bisnis


                 "Sumber : Jurnal"

Oleh : Ane Eksa
Edit : Noto S

Belakangan ini dunia usaha berkembang dengan cepat, ditandai dengan semakin banyak munculnya perusahan -perusahaan, serta ditemukan teknologi - teknologi canggih dalam bidang produksi yang pada gilirannya akan mampu menghasilkan produck-produck yang mempunyai kualitas lebih baik dari sebelumnya.

Perkembangan di kota Tangerang sebagai salah satu pusat perdagangan dan bisnis menimbulkan banyak perubahan,perubahan yang paling jelas terlihat adalah timbulnya pesaingan bisnis yang semakin tajam. hal ini ditandai dengan berdirinya usaha-usaha baru yang bergerak di bidang penyediaan pangan, selain itu timbulnya persaingan bisnis yang tinggi, pola pikir dan perilaku masyarakat juga mengalami kemajuan.

Perkembangan pola pikir tersebut, misalnya masyarakat lebih tertarik untuk mengkonsumsi roti sebagai pengganti makanan pokok. kebutuhan roti bagi masyarakat merupakan kebutuhan sebagai makanan pokok sehari-hari. Bisnis bakery sebenarnya bukanlah bisnis baru lagi di dunia perbisnisan apalagi di kota Tangerang. Namun sampai saat ini masih memperlihatkan prospek yang cukup bagus.

Bisnis bakery juga banyak memberikan keuntungan,kita bisa melihat saat ini sangat banyak bakery dimana-mana .dibawah ini merupakan data mengenai sejumlah usaha produksi bakery di kota Tangerang, yang menggambarkan adanya persaingan bisnis pada usaha bakery,antara lain : pabrik roti laun, fd bakery, Abang bakery, bread line bakery,ummi bakery by helen chu,global bakery taman kutabumi, mana bakery, Holland bakery.

Di antara perusahaan yang terdaftar tersebut,masih terdapat beberapa perusahaan yang menurut peneliti tidak asing lagi di telinga konsumen yaitu : sari roti,roti boy dan mawar bakery, perusahaan -perusahaan ini tersebar di kota Tangerang,sama hal nya dengan MM. cake dan bakery.

Selain itu,agar roti dan kue yang dijual mendapatkan tempat di hati pelanggan maka penyajian yang baik serta service yang memuaskan harus dilakukan, misalnya pembeli bisa menghias sendiri kue yang mereka beli, karena sebagai pengusaha kue harus mampu memenuhi permintaan pembeli, maka itu pembeli bisa puas dilayani dengan sepenuh hati dan tetntunya akan berpengaruh pada citra usaha tersebut.

Agar usaha roti dan kue ini berkembang dan semakin maju, yang pertama harus kreatif, dimana pelaku harus mampu menciptakan kreasi yang menarik dan unik serta konsep yang kuat namun tetap memperhatikan cita rasa yang disukai olah konsumen dan agar cepat tersampaikan ke masyarakat tentunya diperlukan menyebarkan brosur dan bekerja sama dengan perusahaan lain.

Secara umum terdapat empat bidang dalam perusahaan yang berperan penting dalam mendukung proses kinerja perusahaan, yaitu bidang keuangan, produksi, personalia dan pemasaran. lainnya. Bidang pemasaran memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan karena merupakan garda depan pendistribusian hasil produksi perusahaan. 

Pemasaran sudah terlihat jauh sebelum suatu produck atau komoditas diproduksi, itu adalah pemasaran, memberikan masukan tentang produk apa yang akan diproduksi dan bagaimana produk tersebut akan dijual ke pasar.

Target dan realisasi penjualan MM cake dan bakery : 

No : Tahun Target Realisasi Persentase
1. 2011 3.300.000.000 2.795.000.000 86%
2. 2012 3.300.000.000 2.850.000.000 91%
3. 2013 3.300.000.000 3.010.000.000 98%

Terlihat dari tabel di atas, tingkat realisasi penjualan mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir, namun tingkat realisasi target penjualan tahun 2011, 2012 dan 2013 belum mencapai 100%.

Untuk mendukung pemasaran produck diatas khususnya dalam meyakinkan minat pembeli atau konsumen bahwa produk yang dijualnya tersebut aman dikonsumsi dan sudah terdaftar ke dinas kesehatan kota Tangerang. Maka dari itu MM cake dan bakery menawarkan berbagai roti dan kue dengan rasa yang bervariasi dan harga yang sangat terjagkau dan disetiap pembelian 5 akan ada gratis roti 1 agar pembeli merasa puas dan akan kembali lagi ke toko. Serta aman dan halal dikonsumsi oleh siapa saja,mengenai saran atau resep baru MM cake dan bakery sangat terbuka.para karyawan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pengembangan produk baru yang semakin baik dan kreatif.

Semoga bermanfaat dan berguna dalam mengembangkan serta menghadapi persaingan bisnis yang semakin pesat.

#Umum, #Persaingan Bisnis, #Mengembangkan Bisni.

3 komentar untuk "Analisis Pengembangan Dalam Menghadapi Pesaingan Bisnis"

  1. Terimakasih atas ilmu tambahan pengetahuannya

    BalasHapus
  2. artikel ini bagus ceritanya untuk kita yang mau memulai berbisnis...jadi kita harus kuat dan jangan kehabisan akal dalam memajukan usaha kita.
    Contohnya yang ada di artikel ini memuat berbagai jenis roti yang ada di Tangerang dari yang brand biasa sampai brand terkenal mereka mempunyai cita rasa dan keunikan sendiri.

    Terimakasih ilmunya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih ilmunya, dan mudah dipahami alur bacaannya

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)