Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Pemasaran Global Yang Perlu Diketahui?

             "Sumber : Mas-software.cm"

Oleh :  Kris Cahyadi
Editor : Noto S

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, dunia ekonomi seolah menjadi tanpa batas antar negara. Hal itu menyebabkan pemasaran global menjadi tren di sebagian besar negara termasuk Indonesia. Para pebisnis berusaha memperluas target pasar dengan menjual produknya ke luar negeri. 

Pengertian Pemasaran Global :
Dalam menjalankan bisnis apapun, satu keahlian yang wajib dan harus dimiliki oleh setiap pengusaha adalah keahlian dalam hal pemasaran secara global. Hal tersebut akan selalu ada pada bidang ekspor dan impor produk.

Pada dasarnya, pemasaran global adalah suatu kegiatan yang dilakukan dan diikuti oleh seluruh negara di dunia. Jadi, setiap pengusaha dari seluruh negara di dunia memiliki kesempatan yang sama dalam hal memasarkan produknya dengan cara yang unik dan juga kreatif. Hal ini dilakukan demi menarik minat pelanggan atas produk yang sudah diproduksi oleh pengusaha.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memasuki dunia pasar global yaitu, memutuskan untuk berekspansi ke luar negeri, memutuskan pasar mana yang akan dimasuki (berapa banyak pasar yang akan dimasuki, dan bagaimana pasar negara maju versus pasar negara berkembang), dan mengevaluasi pasar potensial.

Secara sederhana, pengertian pemasaran global adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan dan diikuti oleh banyak negara di dunia. Jadi pemasaran global merupakan kegiatan ekonomi yaitu jual beli produk dalam global market yang dilakukan oleh masyarakat dunia.

Pengertian umum pemasaran global adalah suatu proses untuk mengutamakan sumber daya manusia, aset fisik, uang, dan tujuan dari suatu perusahaan demi memperoleh potensi dan demi mengambil tindakan atas adanya ancaman pasar global.

Kegiatan pemasaran juga sering disebut sebagai suatu pemasaran bergengsi yang dilakukan di seluruh dunia. Potensi peluang dalam pemasaran global ini akan selalu terbuka untuk setiap pengusaha, yang terpenting adalah pengusaha tersebut harus mampu menuangkan inovasi dan kreativitasnya dalam mengembangkan pasar. Karena pengusaha yang kuat adalah pengusaha yang tidak akan mudah menyerah ketika ada tantangan bisnis yang begitu berat.
Setiap tantangan dan kesulitan tersebut harus dijadikan sebagai suatu cambukan semangat untuk para pengusaha. 

Sehingga, bisnisnya yang dijalankannya bisa semakin maju dan berkembang lebih jauh. Karakter inilah yang sudah banyak diterapkan oleh setiap pengusaha maju di Indonesia.

Manfaat Pemasaran Global :
Beberapa manfaat pemasaran global yang bisa diperoleh, antara lain :

1. Pertumbuhan Ekonomi :
Manfaat pemasaran global yang pertama adalah pertumbuhan ekonomi suatu negara akan meningkat. Pertumbuhan ekonomi bergantung pada kegiatan jual beli masyarakatnya. Karena pemasaran global memberikan kesempatan yang lebih besar dalam menciptakan transaksi jual beli, maka hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

2. Dapat Meningkatkan Kompetensi Pelaku Usaha :
Manfaat pemasaran global berikutnya yaitu bisa meningkatkan kompetensi pelaku usaha yang menjalankannya. Dalam strategi pemasaran global, pelaku usaha dituntut untuk selalu kreatif, mencari ide dan strategi dalam menjual produknya ke konsumen global.
Pelaku usaha harus berpikir keras dan cerdas bagaimana menjual produknya, termasuk strategi pemasaran 4P, menjalin hubungan baik dengan distributor di negara lain, menguasai ilmu tentang ekspor impor dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini akan membuat pelaku usaha terus berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebagai individu maupun dalam kerjasama tim.

3. Menghasilkan Produk yang Lebih Berkualitas :
Manfaat pemasaran global lainnya yaitu akan menghasilkan produk yang berkualitas. Kompetisi yang terjadi memaksa perusahaan yang terlibat dalam global market menerapkan strategi pemasaran global yang efektif dan salah satunya adalah dengan menciptakan produk yang berkualitas untuk menarik perhatian konsumen. Hal ini akan membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan terhadap produk khususnya produk yang berkualitas tinggi sehingga kehidupan mereka juga menjadi lebih baik.

4. Bertahan Hidup dan Kesempatan Kerja
Maksudnya adalah pemasaran global bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat serta bisa menciptakan kesempatan untuk hidup lebih baik. Karena pada prinsipnya, hampir tidak ada satu negarapun di dunia ini yang bisa memenuhi kebutuhan penduduknya secara sempurna baik itu dari kebutuhan pokok, sumber daya alam maupun teknologi. Selain itu, pemasaran global berdampak pada eksistensi dan perkembangan perusahaan yang melakukannya serta membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat suatu negara.

5. Meningkatkan Selera Masyarakat :
Pemasaran global juga bermanfaat dalam terjadinya peningkatan selera masyarakat. Salah satu strategi pemasaran global yang dilakukan perusahaan penjual adalah memproduksi produk yang sesuai dengan selera masyarakat suatu negara. Apabila produk yang ditawarkan sesuai selera masyarakat maka penjualannya akan lebih mudah dan cenderung sukses sehingga perusahaan bisa terus berkembang.

Contoh Pemasaran Global :
Beberapa contoh pemasaran global yaitu:
a. Microsoft yang sudah menjual produknya ke hampir semua negara di dunia.
b. Samsung yang memasarkan produk elektronik seperti televisi, mesin cuci dan lain sebagainya ke banyak negara.
c. Produk Apple seluruh produk apple dapat kamu temukan hampir diseluruh belahan dunia, mulai dari smartphone hingga ke aksesoris jam tangan. Banyak negara yang melakukan impor produk apple karena keinginan konsumen terhadap produk tersebut sangatlah tinggi. Hal tersebut pun membuktikan bahwa pemasaran secara internasional dari produl apple sudah berhasil.
d. Indofood yang sudah mengekspor produk mereka yaitu Indomie ke beberapa negara. Produk Indomie sebagai orang Indonesia rasanya tidak mungkin jika kita tidak pernah mencoba produk ini. Indomie saat ini sudah melakukan ekspor ke banyak negara. Hal ini pun membuktikan bahwa produk dalam negeri tidak kalah hebatnya dapat menghadapi persaingan secara internasional.
e. Starbuck Coffee adalah salah satu jajaran merek luar negeri yang populer di Indonesia untuk kategori makanan dan minuman. Outlet yang menyediakan suguhan kopi dan aneka macam kudapan ini dapat ditemukan hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Gerai Starbuck sangat populer di kalangan anak muda, banyak dari mereka yang menjadikan tempat ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan, bersantai ria, atau sekadar menikmati kopi.

Selain itu, masih banyak contoh pemasaran global lainnya baik itu berupa produk fisik, software atau lainnya. Kemudahan yang diberikan oleh internet memudahkan pelaku usaha memasarkan produk mereka ke global market baik melalui pemasaran langsung maupun tidak langsung. Dari berbagai merek tersebut, kita dapat meninjau kualitas produk-produk yang tersedia. Meskipun demikian, jangan lupa untuk tetap mencintai dan membeli produk yang dihasilkan dari dalam negeri.

#Umum, #Pemasaran Global, #Penting diketahui.

1 komentar untuk "Fakta Pemasaran Global Yang Perlu Diketahui?"

  1. Artikel ini mudah dipahami & mengandung fakta- fakta tentang pemasaran global yang ada di masyarakat.
    Terimakasih atas ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)