Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KONSEP DASAR PEMASARAN HOLISTIK

                       "Sumber : dictio.id"

Oleh    :  Budiman Trika
Editor  :  Noto S

Tahukah anda apa itu pemasaran holistik? Disini saya akan menjelaskan pengertian pemasaran holistik berikut komponen-komponen pemasaran holistik.
Konsep pemasaran holistik (holistic marketing concept) adalah konsep pemasaran yang mengedepankan bahwa strategi pemasaran harus mempertimbangkan bisnis secara keseluruhan dan bukan sebagai entitas dengan berbagai bagian yang berbeda.

Sedangkan menurut  Yoyo Sudaryo, dalam buku Digital Marketing dan Fintech di Indonesia (2020), “pemasaran holistik merupakan pengembangan, perancangan, serta implementasi program dan kegiatan pemasaran, yang mana melihat ketergantungan dalam konteks lingkungan pemasaran”.

Dari beberapa pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pemasaran holistik adalah suatu strategi pemasaran yang diciptakan dengan menggunakan seluruh unsur bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan.

Pendekatan pemasaran holistik mengharuskan semua bagian dan aspek bisnis bekerja secara harmonis menuju satu tujuan bersama untuk memberikan pengalaman pelanggan yang hebat.
Semua aktivitas bisnis, proses, komunikasi, dan layanan harus selaras dengan pencapaian tujuan bersama untuk memberikan pengalaman pelanggan yang hebat.

Semua aktivitas dan proses dalam bisnis harus dirancang dan diintegrasikan sedemikian rupa sehingga mereka bekerja sama untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten, seragam, dan mulus.

Konsep pemasaran holistik bisa diartikan sebagai pendekatan terhadap suatu pemasaran, yang mana mencoba mengakui serta mendamaikan ruang lingkup kegiatan pemasaran.
Konsep pemasaran ini memiliki empat komponen, yaitu :

1.Hubungan Pemasaran (Marketing Relationship)
Aspek hubungan pemasaran dari filosofi pemasaran holistik berfokus pada hubungan dan keterlibatan tujuan pelanggan jangka panjang daripada tujuan jangka pendek seperti akuisisi pelanggan dan penjualan individu. Strategi ini berfokus pada penargetan kegiatan pemasaran pada pelanggan yang ada untuk menciptakan koneksi pelanggan yang kuat, emosional, dan abadi. Koneksi ini semakin membantu bisnis dalam mendapatkan penjualan berulang, pemasaran gratis dari mulut ke mulut dan lebih banyak prospek.

2.Pemasaran Terpadu (Intergrated marketing)
suatu pendekatan untuk menciptakan pengalaman terpadu dan tanpa hambatan bagi konsumen untuk berinteraksi dengan merek dagang, dengan merancang dan mengarahkan semua komunikasi (iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan pemasaran digital) sedemikian rupa sehingga semua bekerja sama sebagai kekuatan terpadu dan berpusat di sekitar citra merek yang kuat dan fokus.

3.Pemasaran Internal (Internal Marketing)
Pemasaran Internal memperlakukan karyawan dan staf sebagai pelanggan internal yang harus diyakinkan tentang visi dan nilai perusahaan sama agresifnya dengan pelanggan eksternal. Ini juga melibatkan proses kerajinan yang membuat mereka memahami peran mereka dalam proses pemasaran.

4.Pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial (Socially responsible marketing)
Aspek pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial dari konsep pemasaran holistik melibatkan perhatian yang lebih luas dari masyarakat luas. Ini mengharuskan bisnis untuk mengikuti etika bisnis tertentu dan berfokus pada kemitraan dengan organisasi amal dan komunitas. Bisnis dianggap sebagai bagian dari masyarakat dan diharuskan membayar kembali hal yang sama.

4 komponen pemasaran holistik bersatu untuk memastikan bahwa semua aspek dan departemen bisnis bekerja sama sebagai satu unit dengan tujuan bersama untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
Mungkin hanya itu saja sebuah artikel dari saya, semoga pembaca dapat memahaminya dan juga dapat membantu.
Terima Kasih

1 komentar untuk "KONSEP DASAR PEMASARAN HOLISTIK"

  1. Dari artikel diatas bisa kita pahami apa itu konsep dasar pemasaran holistik serta komponen- komponen nya mudah dipahami dan terimakasih buat ilmunnya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)