Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK BAGI PAC GERAKAN PEMUDA ANSOR DI KECAMATAN PAGEDANGAN TANGERANG

Tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi PAC Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang.

Pada pelaksanaan pelatihan pengabdian kepada masyarakat ini, metode yang digunakan adalah dengan penjelasan konsep dasar teori-teori penting tentang promosi online, dan pelatihan praktek langsung di Smartphone. Dimana pelaksanaan praktek lebih banyak daripada penjelasan teorinya.

Penjelasan teori yang disampaikan adalah penjelasan konsep dasar untuk dasar-dasar praktek pada promosi online, kemudian sesi tanya jawab, serta diskusi antara peserta dengan instruktur. Kemudian pelaksanaan praktikum langsung, terdiri dari metode praktek, kemudian sesi tanya jawab serta implementasi praktek usaha pada promosi online. 

Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah para pemuda Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini mendapatkan wawasan pengetahuan yang baik mengenai bagaimana cara memanfaatkan media promosi online seperti facebook, youtube, tiktok, instagram dan twitter untuk meningkatkan usaha yang mereka jalani.

Dari berbagai kegiatan masyarakat tentu mengalami penurunan di tengah musim pandemi dua tahun belakang ini. Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap ekonomi, sosial, dan politik bukan hanya negara-negara besar akan tetapi hampir seluruh negara di dunia. Indonesia yang didominasi oleh Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memberikan perhatian khusus terhadap sektor ini karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional yang cukup besar.

Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UKM di Indonesia mulai gelisah. Sebuah studi menyebut jika Covid-19 membuat Indonesia mengalami penurunan persentase pertumbuhan ekonomi sebesar 0.1% di tahun 2020 (Nalini, 2021).

Berdasarkan data dari kementerian koperasi yang memaparkan bahwa 1.785 koperasi dan 163.713 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak pandemi virus corona (Antara, Mei 2020). Sektor UMKM yang paling terdampak yakni makanan dan minuman. Kementerian Koperasi dan UMKM mengatakan bahwa koperasi yang bergerak pada bidang jasa dan produksi juga paling terdampak pada pandemi COVID-19. Para pengusaha UMKM merasakan turunnya penjualan, kekurangan modal, dan terhambatnya distribusi. 

Sedikitnya 39,9 persen UMKM memutuskan mengurangi stok barang selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat covid-19. Sementara itu 16,1 persen UMKM memiih mengurangi karyawan akibat toko fisik ditutup. Sektor UMKM mengalami dampak yang cukup dalam akibat pandemi covid-19 (Rosita, 2020).

Pandemi COVID-19 memunculkan beberapa masalah bagi pelaku UMKM, di sisi lain ada kesempatan yang juga muncul. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi mengingat perdagangan elektronik pada 2020 mencapai US$ 130 miliar. Transaksi perdagangan drastis elektronik meningkat selama pandemi COVID-19. Produk yang penjualannya mengalami peningkatan, antara lain produk kesehatan meningkat 90%, produk penunjang hobi naik 70%, makanan naik 350%, dan makanan herbal naik 200% (Tempo, 27 April 2020).

Dengan demikian adapun solusi atau  kerangka pemecahan masalah melakukan
Metode pelaksanaan yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah diawali dengan melakukan observasi yang kemudian memberikan solusi untuk menangani permasalahan yang terjadi pada mitra dengan meningkatkan promosi berbasis digital melalui internet. 

Dengan fakta bahwa pengguna internet di Indonesia cukup banyak, maka internet brand akan meningkatkan promosi di masyarakat. Selanjutnya Pengarahan teknik pemasaran yaitu dalam bentuk pelatihan media promosi online melalui marketplace maupun media-media sosial lainnya (instagram, twitter, fanpage Facebook). Pengarahan ini ditujukan kepada mitra untuk memahami peran, fungsi, tujuan media promosi online, memahami langkah-langkah dalam mengaktifkan sebuah e- commerce, seperti: membuat akun, menentukan isi konten, strategi memiliki follower sebanyak-banyak melalui instagram, twitter, fanpage facebook; dan lain- lain.

Promosi yang bagus dapat dilakukan dengan melakukan riset dan analisis terhadap pasar. Saat ini merupakan era dimana Internet menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Kelengkapan dan kejelasan informasi menjadi salah satu factor pemicu kepercayaan masyarakat terhadap suatu lembaga. Promosi yang selama ini telah dilakukanya kini memasarkan produk melalui pameran-pameran dan melalui media social facebook, twitter, instagram, dan tiktok yang dimiliki oleh pemilik usaha dagang, sehingga tingkat pengenalan produk masih rendah karena jangkauan area promosinya juga pendek. 

Dengan menerapkan internet brand, diharapkan tingkat pengetahuan akan produk inovasi, promosi dan penjualan produk akan meningkat. Metode pendampingan dilakukan sehingga dapat mengimplementasikan pengelolaan usahanya lebih baik lagi, guna mencapai tujuan usaha yang diharapkan dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Metode ini langsung dipraktikkan oleh instruktur dengan mitra agar mitra dapat langsung memahami aplikasi marketplace dan bisa berdiskusi jika ada yang belum dimengerti.

Dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini, semoga berdampak positif memberikan ilmu pengetahuan baik secara teori maupun praktek terutama kepada pemuda Ansor Tangerang dan yang paling penting adalah bagaimana implementasinya nanti, sehingga kontribusi kami sebagai Dosen UNPAM bermanfaat dan berguna dalam kegiatan PKM kedepannya.

Penulis : Dede Solihin & Ahyani
Editor : Noto Susanto

1 komentar untuk "PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK BAGI PAC GERAKAN PEMUDA ANSOR DI KECAMATAN PAGEDANGAN TANGERANG"

Terimaksih telah berkomentar :)