Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENERAPAN INTERNET DALAM STRATEGI PEMASARAN

            "Sumber : cpssoft.com"

Oleh : krisnawati G
Editor : Noto S

Internat pada saat ini menjadi salah satu bagian dari kehidupan kita dalam sehari hari di karenakan internet memiliki peran penting untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan kita. Berikut beberapa pengertian internet menurut parah ahli :

“Onno W.purbo (Prihatna, 2005) internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang berlangsung efesien dengan menyambungkannya dengan beragam aplikasi”

Dengan demikian Internet marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang di lakukan dengan menggunakan bantuan internet melalui berbagai media atau platform berbasis online.Seperti contohnya website, email, blong, mesin pencari,dan media social. 

Bedasarkan kompas.com manfaat internet adalah untuk sarana konektivitas dan komunikasi,akses informasi,pegetahuan,dan edukasi.

Berikut beberapan strategi internet marketing untuk bisnis :
• Membuat sebuag website.
• Meningkatkan tarif dengan bantuan SEO.
• Menerapkan email marketing.
• Otimasi pada media marketing.
• Membuat blong.
• Memanfaatkan google bisnis.
• Melakukan affiliate marketing  

Tahapan Melakukan Internet Marketing yang Efektif sebagai berikut :

Anda membuat Konten yang Menarik :

Anda bisa membuat konten di media sosial atau juga di website yang Anda punya. Buat konten yang menarik mengenai produk Anda sehingga banyak orang yang tertarik dengan konten dan produk Anda. Semakin banyak orang melihat konten yang Anda buat, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli produk bisnis Anda. 

Konten yang di buat bisa berupa video, foto dan tulisan menarik mengenai produk atau bisnis Anda di website.

Membuat konten adalah hal utama yang penting pada proses internet marketing. Proses ini harus menciptakan informasi unik untuk audiens mereka. Namun, kebanyakan orang tidak dapat membuat konten unik karena kurangnya keterampilan. Anda dapat menggunakan bantuan alat parafrase online untuk meningkatkan keunikan konten Anda dan membuatnya lebih menarik.

Gunakan Promosi dengan Media Online
Promosi dengan media online bisa dilakukan dengan menggunakan email marketing, facebook ads, instagram ads, dan google ads. Namun sebelum masuk ke sini sebaiknya Anda manfaatkan cara yang pertama. Karena ketika sudah promosi dengan internet marketing ini Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk beriklan.

Namun jangan khawatir dengan Anda promosi atau beriklan di media online, Anda tetap mendapatkan keuntungan. Karena Anda akan mendapatkan database dari orang yang sudah melihat iklan Anda. Anda juga bisa membangun database pelanggan melalui iklan ini.

Bangun Database dari Iklan
Setelah Anda mulai menerapkan iklan di media sosial, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali data orang yang mengklik iklan Anda, sehingga data-data akan tersimpan ke database. Database ini bisa Anda olah dengan melakukan follow up atau juga kita bisa lakukan iklan selanjutnya.

Saat Anda sudah memiliki database, ketika kita beriklan dengan cara yang lebih spesifik. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun sedikit, dan pelanggan dan pembeli produk kita akan semakin meningkat. Ketika Anda sudah mempunyai database, Anda bisa menggunakan email marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.

Ciptakan Brand Awarness pada Bisnis Anda
Dengan menggunakan tahapan-tahapan diatas, Anda bisa membangun brand awarness dari bisnis atau perusahaan kita. Tentunya untuk membangun branding yang kuat kita perlu membuat konsumen pecaya dan ingin berlangganan dengan produk kita.

Tahapan membangun brand awarness bisa melalui iklan atau juga dengan database yang sudah kita miliki. Ketika kita sudah memiliki brand awarness yang kuat dan sudah dekat dengan konsumen hal tersebut sangat menguntungkan dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda, dan saat Anda menjual produk apa saja akan mudah bahkan tanpa melakukan iklan.

Jadi Setelah mengetahui cara yang dilakukan dalam internet marketing, tentu melakukan pemasaran dengan internet marketing  ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Kemudian sangat efektif untuk membuat bisnis Anda berkembang dengan cepat. Tidak ada salahnya untuk mencoba internet marketing dalam pemasaran bisnis Anda.

Jangan lupakan juga dengan pembukuan dalam rencana bisnis. Bisnis yang baik menggunakan pembukuan yang terencana dan rapi, karena pembukuan akan menghasilkan indikator sehat atau tidaknya sebuah bisnis.

1 komentar untuk "PENERAPAN INTERNET DALAM STRATEGI PEMASARAN "


  1. Judulnya menarik khususnya buat seorang pembisnis dan umumnya kita sebagai pembaca, bisa menggunakan internet marketing dalam bisnis lebih efektif dan juga bisa berkembang dengan cepat.

    Terimakasih atas ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)