Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGEMBANGAN KREATIF DALAM PEMBUATAN IKLAN


              "Sumber : Blog.dnetprovider.id"
Oleh : Miranda
Editor : Noto S

Di era globalisasi saat ini media untuk mempromosikan iklan sudah sangat luas. Apalagi di zaman milenial ini sudah banyak sekali perusahaan yang mempromosikan produck atau jasa bukan lagi dengan media cetak atau televisi melainkan media sosial.

Menurut Ardianto dalam buku Komunikasi 2.0 mengungkapkan, bahwa media sosial online, disebut jejaring sosial online bukan media massa online karena media sosial memiliki kekuatan sosial yang sangat mempengaruhi opini publik yang berkembang di masyarakat. Sumber www.researchgate.net
Kehadiran media baru di masayarakat saat ini sejatinya merupakan angin segar bagi para praktis periklanan. 

Kreatifitas para praktisi periklanan diuji kembali dalam media baru, untuk menyajikan satu tampilan iklan yang berbeda. Bukan sekedar melakukan copy paste iklan yang telah ada di media lamu, lalu ditempelkan di media baru. Ini kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam acara Icon di Jakarta bahwa Media online kini telah makin berkembang di masyarakat. Lewat Internet, mereka tak hanya merebut minat pembaca, tapi juga pengiklan media cetak. "Inilah yang kita sadari sebagai senjakala media cetak,". Sumber Tempo.co

Kreatifitas iklan adalah cara kita dalam mempromosikan iklan kepada masyarakat luas. Dan menurut saya kreatifitas tidak menciptakan sesuatu dari yang tidak ada. Dengan demikian kreatifitas merupakan penggabungan suatu ide yang telah ada untuk menciptakan sesuatu yang lebih baru. Menciptakan suatu iklan yang kreatif memang tidak semudah berbicara di depan kamera, karena hasil karya iklan yang kreatif dapat menghasilakan nilai yang sangat mahal. 

Oleh karena itu biasanya pada tahap pencarian ide yang bebas dalam sebuah tim harus ditampung dahulu untuk di nilai kembali sehingga menghasilkan sebuah ide iklan yang memiliki nilai jual yang tinngi.

Ini merupakan beberapa tips membuat iklan media sosial  yang menarik : 

1. Melakukan Riset Pasar :
Menurut Elliot Simmonds, salah satu nominee Stockport’s Young Business Person of the Year 2014 sekaligus pimpinan konsultan Rippleout Marketing menegaskan, bahwa kita perlu melakukan riset pasar secara berkala meskipun iklan yang dibuat sudah mencapai jumlah konversi yang ditargetkan. Kita tetap harus meluangkan waktu untuk mencari tahu sendiri, profil konsumen mana yang paling banyak? Siapakah orang yang kembali berkali-kali? Dari mana asal mereka?

Riset ini akan banyak membantu kita dalam mewujudkan cara membuat iklan yang efektif serta menghasilkan penjualan. Dengan mengetahui detail profil konsumen, maka kita harus  tahu apa yang harus dilakukan pada pembuatan iklan selanjutnya. Cara ini juga dapat membantu kita merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan target pasar yang demikian.

2. Menciptakan Elemen Kreatif :
Setiap perusahaan bisnis tentu memiliki elemen kreatifnya masing-masing, yang sudah ada sejak awal pengenalan merek dagang atau branding. Baik berupa maskot, logo, warna, jenis huruf, bahkan theme song, elemen-elemen kreatif inilah yang memudahkan konsumen atau calon konsumen mengingat dan mengenali produk kita.

Untuk penggunaan logo misalnya, kita tentu harus menciptakan logo yang unik dan mudah diingat di benak konsumen. Karena itu kita memerlukan pembuatan logo yang profesional. Maka tidak salah jika kita memperkerjakan agensi jasa desain logo profesional.

Mempertahankan konsistensi visualisasi elemen kreatif yang kita buat, berperan penting dalam menjamin kesuksesan sebuah iklan. Di Indonesia, beberapa perusahaan besar sukses mendapatkan penjualan secara besar-besaran melalui setiap iklan yang diciptakan.

3. Memilih Platform :
Setelah melakukan riset pasar dan detail profil konsumen ada di tangan kita,, inilah saatnya memilih platform mana yang terbaik dan tepat sasaran sesuai dengan konsumen kita. Beberapa platform bisa saja bekerja sangat baik untuk satu perusahaan, namun belum tentu untuk perusahaan kita.

4. Memberikan Penawaran Menarik :

Nah, biasanya Konsumen sangat menyukai tawaran yang kita berikan. Jadi, cara membuat iklan yang menarik adalah dengan memberikan tawaran yang bagus sehingga mereka akan kembali membeli produk kita berkali-kali dengan senang hati.

Kita bisa mencoba memulainya dengan menawarkan potongan harga yang tidak terkalahkan, coba gratis, pengiriman gratis atau paket-paket pembelian yang akan menghasilkan penjualan dalam jumlah besar. Begitu perusahaan kita  datang dengan tawaran yang menarik, konsumen pun akan kesulitan untuk menolaknya.

6.Menjelaskan Manfaat Produk : 
Dibagian inj menjelaskan fitur produk atau layanan kita memang penting, namun menjelaskan manfaat bagi konsumen adalah magnet terkuat yang dapat menarik minat pembelian mereka. Secara logika, tentunya konsumen lebih tertarik pada apa yang mereka dapatkan dari produk kita daripada apa yang bisa dilakukan dengan produk tersebut.

Kita dapat membuat daftar produk apa saja yang ingin ditawarkan secara lengkap dengan kelebihan masing-masing produk tersebut. Pastikan terlebih dahulu membicarakan manfaat yang akan diperoleh konsumen, bukan kelebihan produk tersebut.

7. Menggunakan Testimoni :
Salah satu bagian terpenting dalam membuat iklan yang efektif adalah membangun kepercayaan dan ketertarikan konsumen pada perusahaan kita. Ingat bahwa konsumen memiliki banyak kekhawatiran akhir-akhir ini, terlebih saat mereka harus berbelanja online.
Penting untuk membangun kepercayaan mereka pada bisnis kita. Tips membuat iklan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan menunjukkan bahwa orang lain telah puas membeli atau menggunakan layanan Anda.

#Umum

3 komentar untuk "PENGEMBANGAN KREATIF DALAM PEMBUATAN IKLAN"

  1. Terimakasih ilmunya, dan mudah dipahami alur bacaannya

    BalasHapus
  2. Judul artikel nya menarik khususnya buat para pembisnis atau pun pembaca bisa berkreatifitas bisnisnya lewat iklan di sosial media.

    Terimakasih buat ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)