Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERANAN MEDIA MASSA DI MASA PANDEMI COVID 19

               "Sumber : Merdeka.com"

Oleh : Hilda Rizki Saputri
Editor : Noto S

Menurut website graduate Binus. Pentingkah media massa selama pandemi? Pandemi virus Covid19 sudah berlangsung lebih dari setahun. Banyak korban berjatuhan baik yang bisa disembuhkan maupun yang pada akhirnya meninggal dunia. Gaya hidup masyarakat pun cenderung berubah. Kebanyakan, cukup terpengaruh dengan adanya pandemi ini. Mereka yang biasanya cukup abai masalah kebersihan dan kesehatan, mendadak menjadi rajin mencuci tangan. 

Nah, percaya atau tidak, berbagai perubahan perilaku masyarakat ini tidak lepas dari peran media massa yang cukup sigap dan gencar mengabarkan info terdiri seputar virus Covid19.

Memang, tidak jarang, masyarakat menjadi panik setelah menonton berita. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri, media memiliki andil dan peran yang cukup besar di tengah pandai ini. Apa sajalah peran- peran media tersebut? Berikut ulasannya.

Memberikan Kabar Terkini Mengenai Virus Covid19. Meskipun banyak orang yang pada akhirnya bosan dan menghindari berita seputar virus corona, pada dasarnya, berita-berita terkait virus ini cukup penting untuk diketahui. Anda tidak perlu khawatir, media bukannya ingin menakut-nakuti Anda dengan berbagai hal yang dikabarkan. Anda hanya perlu lebih waspada. 

Misalnya, ketika media massa mengabarkan peningkatan jumlah pasien yang cukup signifikan di daerah Jakarta, maka, orang-orang dari kota lain yang hendak mengunjungi ibu kota dapat mengurungkan niatnya sementara waktu. Demikian pula, warga Jakarta juga bisa lebih berhati-hati dan melakukan berbagai protokol kesehatan yang diwajibkan dengan lebih baik lagi.

Memberikan Informasi Tentang Protokol Kesehatan Yang Wajib Diterapkan
Tidak bisa dipungkiri berita mengenai Covid19 cukup simpang saur di awal. Hal ini sebenarnya wajar. Seperti yang sudah diketahui, Covid19 adalah jenis virus baru yang belum pernah ada sebelumnya. Butuh penelitian panjang untuk mengetahui lebih jelas apa saja yang perlu dilakukan. 

Keberadaan media massa cukup membantu untuk menginformasikan hal-hal yang perlu dan tidak perlu diterapkan. Masyarakat tidak perlu bingung jika beberapa diantaranya akan ada perubahan. Anda hanya perlu menunggu kabar terbaru serta menunggu konfirmasi dari pihak-pihak terkait apakah berita yang diinformasikan benar atau tidak.

Menangkal Penyebaran Hoax.
Di era sosial media seperti sekarang ini, banyak informasi yang tidak benar atau lazim disebut hoax. Hal ini karena seseorang mempercayai apa yang ia baca secara acak kemudian menyebarkan ya melalui sosial media. Sejak pandemi Covid19 berlangsung, berita-berita hoax semakin banyak bermunculan. "Sumberhttps://www.merdeka.com/"

Dikutip kompas.com: Strategi Komunikasi bagi Perusahaan Go Public (2018) karya Lahyanto Nadie, Wilbur Schramm mendefinisikan media massa sebagai berikut : “Media massa adalah suatu kelompok kerja yang terorganisasi di sekitar beberapa perangkat untuk mengedarkan pesan yang sama, pada waktu yang sama, ke sejumlah besar orang”. 

Maksud dari sistem yang terorganisasi ialah proses produksi dan penyebaran pesan dilakukan oleh pihak perusahaan media secara teratur.  Dan definisi menurut Hafied Cangara Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak, sedangkan pengertian media massa sendiri alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi. 

Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya Karakteristik media massa Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), berikut beberapa karakteristik media massa : 

a. Bersifat melembaga Artinya pihak yang mengelola media massa terdiri dari banyak orang, mulai dari kelompok yang bertugas mengumpulkan pesan hingga yang bertugas untuk menyajikan atau menyebarkan pesan. 

b. Bersifat satu arah Karakteristik media massa ini berarti komunikasi yang terjalin dalam media massa, kurang bahkan tidak memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim (pihak media) dengan penerima pesan (khalayak luas). Jika ada umpan balik (feedback) pun biasanya membutuhkan waktu dan sifatnya tertunda.

c. Meluas dan serempak Media massa dapat mengatasi rintangan waktu serta jarak, karena punya kecepatan untuk menyebarkan pesan. Selain itu, media massa juga bergerak secara luas dan simultan, yang memungkinkan pesan sampai dan diterima oleh banyak orang di saat yang bersamaan. Menggunakan peralatan teknis atau mekanis Proses penyebaran pesan di media massa memerlukan peralatan teknis dan mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan lainnya. Bersifat terbuka Karakteristik media massa ini berarti pesan yang disebarkan dapat diterima oleh siapa saja dan di mana saja, tanpa memandang usia, jenis kelamin, nama, dan suku bangsa.

Hal ini diupayakan oleh pemerintah agar kita sebagai masyarakat tidak dapat dengan mudah menyimpulkan berita mana yang benar dan mana yang salah. Adapun langkah pemerintah untuk mengatasi penyebaran berita hoax dengan cara melakukan sosialisasi ke masyarakat langsung dengan mengirimkan website atau melalui media social yang terpecaya yang memang bisa menjadi rujukan masyarakat untuk mengetahui informasi terkini terkait tentang perkembangan berita covid 19 yang sedang beredar.

Berikut beberapa media social maupun media cetak yang bisa digunakan untuk melihat kabar tentang covid 19 seperti :

TWITTER
Pada masa pandemic seperti ini penggunaan gadget handphone sangatlah sering digunakan dari biasanya termasuk twitter, dari twitter kita bisa dapat lebih banyak berita tentang covid19 yang  banyak beredar di kalangan masyarakat. Tapi banyak dari kalangan masyarakat tidak dapat memilih yang mana benar dan salah dari berita disebarkan tersebut atau yang disebut dengan hoax.

Facebook :
Didalam aplikasi facebook kita dapat banyak sekali dan dapat membaca berita tentang covid 19. Tapi masih banyak dari masyakat  awam yang tidak dapat memilih berita yang benar yang dimana  seharusnya dapat memilah mana berita yang benar dan mana berita yang salah sehingga kita tidak berspekulasi yang tidak baik mengenai orang-orang yang menjadi korban terkena covid-19.

Koran :
Didalam Koran juga sudah banyak menyebarkan berita tentang covid 19 dan bagaimana perkembangannya sekarang.

#Umum,

3 komentar untuk "PERANAN MEDIA MASSA DI MASA PANDEMI COVID 19"

  1. Terima kasih atas ilmu yang telah disampaikan.

    BalasHapus
  2. Judul artikel nya pas banget karena mengandung makna yang mendalam tentang peranan media massa di saat pandemi covid19, supaya kita tetap bisa berkomunikasi dan mengetahui kabar berita tentang masyarakat di saat pandemi, entah itu di fecebook koran atau tweter dan media sosial lainnya.
    Terimakasih atas ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)