Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STRATEGI PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN JASA


               "Sumber :  dari jurnal.id" 
Oleh : Mushiva Pridayanni
Editor : Noto S

Strategi pemasaran dalam perusahaan jasa saat ini menjadi salah satu ajang perlombaan dikalangan setiap perusaaan jasa. Setiap perusahaan pasti memiliki beberapa strategi untuk mencapai suatu tujuan dalam menggapainya sebuah pemasaran yang baik.

Berikut beberapa pengertian stretegi pemasaran menurut beberapa ahli :
Menurut Assauri (2012) strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta elokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan.

Pada era modern saat ini perusahaan jasa akan sangat mudah menyusun beberapa strategi pemasaran untuk memasarkan produk yang mereka buat, yang berawal mereka akan menyusun strategi dalam jangka panjang dilihat dari proses cara memasarkan produk yang mereka akan jual dipasaran. 

Dengan begitu akan sangat mudahlah tujuan yang sudah terarah dan tersususn dari pemasaran perusahaan.

Perlu kita ketahui bahwa produk yang dihasilkan suatu perusahaan bisa berupa barang ataupun jasa. Sedangkan jasa akan mencangkup hasil kerja perusahaan-perusahaan seperti hotel, penerbangan, sewa mobil, tukang cukur, salon kecantikan, dan sebagainya.

Perusahaan jasa akan memenangkan persaingan dengan menyampaikan secara konsisten dari pelayanan yang mereka berikan kepada para konsumen. Apabila sebuah perusahaan jasa memiliki pelayanan yang baik, maka konsumen akan merasa puas dengan hasil dari pelayan yang diberikan.

Dari sinilah maka banyak perusahaan jasa berlomba-lomba untuk menetapkan strategi pemasaran pada perusahaannya, misalnya perusahaan mencoba mempertunjukan mutu jasa mereka melalui bukti fisik dan penyajian.
Perusahaan jasa dapat memilih dari berbagai proses yang akan mereka berikan kepada konsumen melalui pelayanan yang mereka miliki. 

Dengan demikian salah satu strategi yang harus dimiliki oleh beberapa perusahaan jasa yaitu serangkai tujuan yang akan menghasilkan hasil yang dapat memuaskan dan sangat menguntungkan bagi perusahaan, seperti sistem pemasaran yang baik, serta pelayan yang ramah untuk para konsumen.

Menurut Investopedia melalui Adam Baron menyebutkan bahwa strategi pemasaran merupakan rencana keseluruhan pada bisnis untuk mengubah calon konsumen potensial menjadi konsumen yang menikmati produk dari pemasaran itu sendiri.

Sedangkan jasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah aktivitas, kemudahan, manfaat, dan sebagainya yang dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yang menggunakan atau menikmatinya.

2 komentar untuk "STRATEGI PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN JASA"

  1. Dari artikel diatas dapat diketahui bahwa Perusahaan jasa akan memenangkan persaingan apabila sebuah perusahaan jasa memiliki pelayanan yang baik, maka konsumen akan merasa puas dengan hasil dari pelayan yang diberikan.

    Terimakasih buat ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)