Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF


              “Sumber : idcloudhost.com”

Oleh : Wifel Brener Gulo
Editor : Noto S

Sebelum lebih jauh membahas tentang berbagai jenis strategi pemasaran terlebih dahulu kita membahas pengertian Strategi pemasaran.

Apa itu yang dimaksud dengan strategi pemasaran ? Strategi pemasaran yaitu sebuah usaha/upaya untuk memasarkan suatu produk baik itu dalam bentuk barang maupun jasa, dengan menggunakan suatu pola rencana dan trik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Kesimpulanya strategi pemasaran merupakan inti dari sebuah perusahaan atau bisnis yang berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan dan berpacu pada 3 faktor yaitu, produksi, pemasaran, dan konsumsi.

Salah satu fungsi strategi perusahaan bagi suatu perusahaan dan bisnis ialah, meningkatkan Motivasi/ semangat untuk melihat masa depan. Apabila suatu perusahaan punya semangat tinggi untuk memotivasi dan mempunyai cukup inovasi bisa dikatakan perusahaan tersebut akan berjalan dengan baik hingga masa mendatang.

Strategi pemasaran produk yang efektif harus diketahui dan dipahami oleh semua pebisnis, semua itu perlu dilakukan oleh seorang pemasar agar pemasaran barang atau jasa bisa berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Selanjutnya adalah Tips dan Trik Strategi Pemasaran Efektif, ada banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan di suatu perusahaan :

- Kenali pelanggan, pelanggan adalah target utama dalam penjualan produk, jadi seorang pemasar harus bisa mengenali terlebih dahulu apa keinginan pelanggan dan mencari tahu apa kebutuhan seorang pelanggan, dari situ kita sebagai pemasar bisa lebih mudah dalam berhubungan baik dengan pelanggan. Biasanya seorang pemasar harus bisa memahami masalah seorang pelanggan dari situ seorang pemasar bisa memberikan solusi terbaik kepada pelanggan.

- Melakukan promosi yang tepat, hal ini sangat perlu dilakukan bagi seorang pemasar lebih tepatnya dengan melakukan promosi melalui media sosial misalnya, disitu suatu perusahaan bisa membuat konten yang begitu menarik untuk menawarkan barang bisa dengan memberi diskon harga , sehingga akan banyak pembeli tertarik pada barang yang ditawarkan. Bagi seorang pemasar saat melakukan promosi harus bisa memilih channel atau media sosial yang terbaik kiranya bisa ada banyak peminat, dan perlu menggunakan bahasa yang menarik saat melangsukan promosi di media sosial sehingga akan banyak pelanggan yang tertarik.

- Bangun tempat usaha yang strategis,  strategi berikut ini juga termasuk penting karena tempat usaha menjadi salah satu faktor laku tidaknya suatu barang, sebagai contohnya apabila suatu pemasar membangun tempat di daerah yang ramai akan pembeli tidak menutup kemungkinan produk barang akan lebih laku di banding membangun tempat usaha di daerah yang minim akan pembeli. Biasanya tempat yang tepat bagi seorang pemasar untuk menjual produknya adalah seperti kota besar dan pusat perkantoran sehingga bisa menarik banyak pelanggan.

- Membuat anggaran sistematis, strategi pemasaran yang satu ini mungkin lebih membutuhkan modal yang cukup besar, semua itu perlu dilakukan untuk promosi produk menggunakan Google Ads misalnya dengan tujuan supaya produk lebih banyak di lihat oleh pembeli dan penjualan produk lebih meningkat. Seorang pemasar jangan hanya menggunakan satu media sosial saja untuk promosi, gunakan sebanyak mungkin media sosial yang lagi buming dikalangan pembeli yang pasti memerlukan banyak biaya, namun sebelum melakukan pengeluaran biaya untuk promosi usahakan sesuai dengan budget yang tersedia sehingga tidak merugikan perusahaan sendiri.

Semoga apa yang dijelaskan diatas bisa memotifasi dan menjadi pembelajaran bagi seorang pemasar dan mungkin juga bisa bermanfaat bagi seseorang yang ingin terjun ke dunia marketing maupun pemasaran.

1 komentar untuk "STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF"

  1. Dari artikel diatas, bisa kita pahami apa itu strategi pemasaran . Dan untuk kita yang sedang ingin mengembangkan bisnis atau ingin terjun ke dunia marketing bisa gunakan starategi pemasaran yang efektif seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.
    Terimakasih buat ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)