Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS SUKSES MENJADI PEDAGANG ECERAN


     "Sumber : accurate.com website dan 
CPSsoft.com webside" 

Oleh : Nur Lailah Husein
Editor : Noto S

Perdagangan eceran di era zaman yang maju ini lebih di kenal dengan nama bisnis retail. Bisnis retail sejatinya merupakan bisnis yang dilakukan dengan sistem penjualan secara langsung. Menurut accurate webside Pelaku bisnis eceran menjual produk ke konsumen akhir secara langsung. Orang melakukan bisnis ini lebih lazim disebut sebagai pengecer. Meskipun sering dipandang kecil, bisnis ini memiliki keuntungan yang cukup besar jika dijalankan apalagi jika sudah memiliki konsumen tetap.

Bisnis eceran ini lumayan di minati oleh pengusaha pengusaha di Indonesia tetapi ada banyak juga yang harus gulung tikar karena memiliki rancangan bisnis yang kurang tepat.

Memiliki bisnis ini mungkin dianggap lebih mudah dalam menjalankanya, dibandingkan bisnis jenis lainnya. Namun, Anda juga harus mengetahui bahwa setiap bisnis memiliki resiko, termasuk bisnis retail sendiri. Dimana kita harus meminimalisir resiko kerugian saat menjalankanya.

Jadi bagi yang masih pemula dalam bisnis ini harus memiliki rencana yang baik untuk membangunnya dari awal. Nah ini lah tips yang akan kita bahas untuk pemula dalam bisnis ini.

Menurut CPSsoft webside, ada 5 tips dalam membangun bisnis eceran untuk pemula, sebagai berikut ini :

Pertama, Pentingnya Lokasi Strategi :
Pilih lokasi yang tepat untuk mendirikan sebuah bisnis dengan terlebih dulu melakukan riset tentang lokasi. Karena dengan melakukan riset kita dapat melihat lingkungan sekeliling dan juga calon-calon konsumen yang mungkin menjadi pelanggan tetap. Dan juga kemungkinan dapat mendatangkan jumlah pelanggan yang lebih banyak. Dengan begitu, bisnis retail Anda juga akan mudah mencapai target pasar sesuai dengan tujuan. 

Kedua, Seleksi Barang yang Akan Dijual :
Barang yang akan dijual pada toko Anda merupakan hal penting utama yang harus diperhitungkan dengan baik dalam bisnis retail. Anda bisa banyak bertanya kepada sales produk, kira-kira produk mana yang banyak diminati dan lebih laku dijual. Pastikan produk tersebut juga cocok dijual di lokasi usaha Anda. Dan juga jual lah barang-barang yang memang di butuhkan setiap orang yang pasti ada orang yang beli tiap hari nya. 

Ketiga, Menetapkan Tema untuk Toko Anda :
Tema atau tagline pada sebuah toko tentu sangat penting. Hal ini akan membantu calon pelanggan kita, apakah akan berbelanja di toko kita atau tidak. Dalam menjalankan bisnis retail, menentukan tema sangat dibutuhkan. Contohnya seperti Kids station yang memang menyediakan berbagai mainan untuk anak-anak. Dengan begitu, pelanggan Anda juga akan lebih loyal berbelanja di toko retail tersebut.

Keempat, Mendengarkan Opini Pelanggan : 
Pemilik bisnis retail sebaiknya mendengarkan selalu opini pelangganya. Maka dari itu, Anda harus mendengarkan apa yang disukai oleh pelanggan Anda, sebagai kritik dan masukan untuk pengembangan bisnis Anda ke depanya. Buatlah kotak saran di depan toko atau di sebelah kasir untuk mempermudah pelanggan dalam memberikan kritik dan saran. Sebagai pebisnis harus bisa terima apa saja kritik dan saran dari pelanggan dan jadikan pelajaran untuk kemajuan bisnisnya.

Kelima, Karyawan Terbaik dan Manajemen Keuangan yang Teratur :
Buatlah karyawan Anda menjadi lebih antusias saat bekerja untuk mengelola bisnis milik Anda. Coba untuk mencari tahu apa yang membuat mereka tertarik dan apa yang bisa membuat mereka bersemangat untuk bekerja. Selain itu, jangan lupa untuk membuat transaksi keuangan yang teratur di setiap bulannya. Untuk mempermudah Anda dapat menggunakan software akuntansi khusus untuk bisnis retail yang Anda jalankan, agar pelaporan keuanganya lebih mudah dimengerti, seperti Accurate Online.

Dikutip dari accurate webside ada beberapa strategi sukses dalam membangun bisnis eceran yang sangat penting menurut Saya. Tadikan kita membahas untuk pemula dalam bisnis eceran ini selanjutnya kita akan membahas untuk mengembangkan bisnis ini agar lebih besar lagi dengan membahas strategi penting untuk mengembangkan bisnis eceran ini.

Buat Akun Sosial Media :
Akun ini bertujuan memberitahu, menginformasikan, mengedukasi, dan mengupload hal-hal positif tentang toko eceran anda. Misalkan di peringatan hari hari tertentu toko anda pengadakan diskon atau promo pada beberapa produk, itu bisa di infokan pada akun sosial media yang sudah di buat. Usahakan akun sosmed nya tetap aktif dan mengupload hal hal yang menarik bagi pelanggan. Lalu jika ada anggaran lebih bisa juga mengendors artis-artis yang ada di sosial media untuk menarik minat kunjung pelanggan baru. 

Buka Toko Online :
Salah satu strategi membangun bisnis eceran bisa dimulai dari hal kecil melalui bisnis berbasis online. Jika belum belajar tentang eCommerce, belum terlambat untuk bergabung. Pertama, daftarkan domain situs web untuk membuat identitas bisnis eceran online. Pilih platform yang mencakup semua alat yang dibutuhkan untuk menjadikan ritel online sebagai bagian dari bisnis. Pilih eCommerce yang banyak di minati oleh pelanggan.

Memberikan Keamanan Online untuk Konsumen :
Jika produk akan ditawarkan secara online, pengecer perlu memberikan pelanggan pengalaman online yang aman. Untuk itu pemilihan platform bisnis yang aman dan terpercaya sangat penting untuk memberikan keamanan untuk konsumen. Yakinkan pelanggan bahwa privasi mereka dilindungi di situs web bisnis ritel online. Hal ini akan membuat mereka merasa percaya diri saat memesan produk di web. Memberikan keamanan kepada konsumen merupakan cara untuk menciptakan masa depan bisnis yang aman.

Posting Komentar untuk "TIPS SUKSES MENJADI PEDAGANG ECERAN"