Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 CARA BERSAING DENGAN KOMPETITOR

          "Ref Gambar : koinworks.com"

Oleh : Aldi.W.W
Editor : Noto S

Dalam dunia perdagangan baik barang maupun jasa sering kali kita dihadapkan dengan pasar bebas, dimana kita sebagai konsumen harus memilih barang atau jasa dengan harga yang murah dan kualitas terbaik. Nah, jika kita sebagai pengusaha/pedagan perorangan baik barang maupun jasa tentu banyak hal yang harus diperhatikan. 

Seperti kualitas produk dan pelayanan terhadap konsumen. Hal  tersebut yang ingin kita bahas, yaitu bagaimana cara bersaing dengan kompetitor tanpa menurunkan harga.
Banyak sekali langkah yang dapat dilakukan, hal tersebut mendorong para umkm atau pemilik usaha untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif agar dapat bersaing dipasaran.

Sebagai pengusaha/pedagang jadikan kompetitor sebagai tantangan dan belajar untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan produk yang kita jual. 
Jika menurut kutipan berikut
“Kami menjadikan kompetitor itu sarana belajar. Dimana tentu ada uji pasar, jadi apa kelebihan dan kekurangan kami dibandingkan dengan kompetitor. Dengan banyaknya bermunculan kompetitor justru menjadi bahan referensi untuk terus berinovasi,” Product Executive PT Sari Ayu Indonesia, Angel Antameng :

Mungkin dapat mengikuti cara berikut agar dapat bersaing dengan kompetitor :

1. Tidak harus menurunkan harga :
Langkah pertama sebagai penjual, yaitu tidak mudah menurunkan harga karna melihat pesaing lebih murah. Bukankah kita sering melihat harga yang selalu murah dipasaran. Hal tersebut membuat ambisi kita untuk menurunkan harga serendah rendahnya agar dapat bersaing dipasar. hal itu salah karna kita bisa rugi, atau mendapatkan sedikit keuntungan. Buat brand kita lebih unggul dikonsumen tanpa melihat harga, seperti ada kaitannya emosional konsumen. Mereka bisa membeli harga tinggi karna produk yang kita jual lebih unggul baik dari kualitas dan pelayanan.

2. Membuat kemasan yang menarik :
Langkah kedua yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki kemasan produk, karna kemasan lah yang pertama kali di lihat oleh konsumen, tentu hal ini jarang diperhatikan karna sebagian orang mengira hanya kualitas produk saja yang diperhatikan. Kemasan produk sangat penting, membuat emosional konsumen daya ingin membeli meningkat Sepeti, kemasan yang lebih simple dan elegan dapat membuat konsumen berfikir bahwa produk kita, produk yang mewah produk yang layak dibeli. Hal tersebut dapat membuat kepuasan tersendiri terhadap konsumen. Kemasan yang menarik lebih banyak disukai konsumen.

3. Melayani konsumen dengan ramah :
Hal berikut merupakan hal yang sangat penting, karena melayani konsumen dengan ramah dan sepenuh hati tentu konsumen merasa nyaman, dan diperlakukan seperti raja. Bukankah kita sering jika berbelanja di suatu tempat namun pelayanannya kurang ramah dan kita enggan untuk Kembali lagi ke tempat tersebut karna merasa direndahkan atau ngerasa tidak dihargai jika ingin membeli produk.

Hal ini dapat dicegah jika kita memprioritaskan kenyamanan dan pelayanan konsumen menjadi nomor satu. Dapat dilakukan jika kita pelaku usaha dan memiliki karyawan yaitu membuat SOP perusahaan atau peraturan yang tertata terkait pelayanan terhadap konsumen, semisal memberikan kepada konsumen dengan penampilan seperti apapun. 

Tetap melayani konsumen dengan sepenuh hati walau mereka tidak jadi membeli barang atau tidak. Karna yang kita jual tidak hanya produk tapi experience kepada konsumen.  Bukankah kita dapat marketing gratis jika konsumen yang tidak membeli namun bercerita terhadap kerabat lainnya bahwa mereka sudah dilayani sepenuh hati.

Nah, selain itu kita juga perlu terima kritikan dan saran dari konsumen, hal ini disebut after sales dimana konsumen merasa lebih aman jika setelah membeli produk pihak menjual menerima kritikan dan saran jika ada masalah pada produknya. Jika ada produk yang tidak sesuai Ketika diterima konsumen kita perlu perbaiki masalahnya dan meminta maaf. Kritik dan saran sangat penting untuk berkembangnya suatu usaha, karna kita dapat melihat dari banyak sudah pandang orang lain terhadap apa yang mereka mau dan mereka butuhkan.

1 komentar untuk "3 CARA BERSAING DENGAN KOMPETITOR"

  1. Dari artikel di atas terdapat cara
    bersaing dengan kompetitor tanpa harus menurunkan harga suatu produk, dengan terus berinovasi serta membuat produk yang unik dan layak dijual di pasaran.

    Terimakasih buat ilmunya.

    BalasHapus

Terimaksih telah berkomentar :)