Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendampingan dan Pembinaan Pembentukan komunitas Ruang Baca Cerdas Indonesia Di Lingkungan RT05/RW01 Pondok Pucung, Pondok Aren Tangerang Selatan


                   Sumber : Dokpri

Penulis : 
¹Hafis Laksmana Nuraldy
²Yusep  Prihanto
ᶟAan Purnama

Editor : Noto Susanto 

Pamulang - Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema pendampingan dan pembinaan pembentukan komunitas ruang baca di lingkungan RT05/RW01 Desa Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. 

Untuk membangun dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang cerdas dan ceria dosen Universitas Pamulang melaksanakan pengabdian kepada masayarakat untuk membentuk komunitas ruang baca yang sudah terlaksana sebelumnya pada akhir tahun 2021, kemudian program membentuk komunitas Ruang Baca tersebut pada saat ini telah memasuki tahapan ke dua, dimana dalam kesempatan berikutnya dosen Universitas Pamulang beserta masyarakat.

Masyarakat desa pondok pucung telah mengadakan diskusi dalam rencana membentuk komunitas ruang baca, terutama dalam menentukan seperti apa serta bagaimana tujuan  visi dan misi untuk komunitas ruang baca yang akan di bentuk di lingkungan tersebut, dikarenakan semakin terlihat fenomena sosial dimana sebagian warga pendatang yang tinggal di lingkungan dirasa memberikan pengaruh negatif pada anak – anak muda serta meresahkan warga.

Sehingga tercetuslah gagasan untuk membangun dan membentuk ruang baca dengan memanfaatkan antusias warga dan faslitas yang tersedia. Berdasarkan pelaksanaan pengabdian kepada masayarakat sebelumnya, program ini mampu mendapatkan respon yang sangat baik dari masayarakat sekitar dan berharap agar program ini dapat segera direalisasikan ketahap berikutnya.

Namun dikarenakan adanya keterbatasan dana dan tenaga program inipun tidak bisa dengan cepat terealisasikan, perlahan namun pasti program ini sudah menjadi agenda penting dari kami selaku Dosen Universitas Pamulang dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat.

Tentunya banyak sekali tantangan dan rintangan yang kami dapatkan dalam membangun dan membentuk komunitas ruang baca cerdas Indonesia ini, untuk beberapa hal kami harus mampu merangkul anak – anak muda, melatih mengelola dan membiasakan diri mereka dalam kegiatan Ruang Baca yang diantaranya untuk menarik minat masyarakat agar mau berkunjung maka ketersediaan buku-buku pengetahuan dan buku lainnya yang bisa dibaca oleh setiap masyarakat dari berbagai kalangan usia dan tingkatan Pendidikan haruslah ada.

Dengan adanya ketersediaan buku untuk anak-anak, remaja, orang tua atau bahkan majalah yang berisikan resep masakan dan lain-lain yang juga dapat di baca oleh setiap ibu-ibu ketika mengajak/menemani anaknya bermain di Ruang Baca tersebut mampu menciptakan daya Tarik untuk berkunjung.

Pada prorgam Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan sebelumnya kami  berhasil membangun kesadaran masayarakat betapa pentingnya membangun dan membentuk komunitas Ruang Baca ini yang  banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat lingkungan sekitar, dan dalam kesempatan ini kami pun kami mencoba melakukan tindak lanjut  dari kegiatan Pengabdian kepada Masayarakan kami sebelumnya dengan saat ini, yang bertema Pendampingan dan Pembinaan pembentukan Komunitas Ruang Baca Cerdas Indonesia.

Dalam implementasinya, komunitas ini mampu menjadi roda penggerak yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat sekitar melalui komunitas atau organisasi dengan sarana Ruang Baca cerdas Indonesia.
Secara sederhana komunitas atau organisasi dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang merupakan wadah atau sarana untuk mencapai berbagai tujuan atau sasaran organisasi memiliki banyak komponen yang melandasi diantaranya terdapat banyak orang, tata hubungan kerja, spesialis pekerjaan dan kesadaran rasional dari anggota sesuai dengan kemampuan dan spesialisasi mereka masing-masing.

Komunitas juga dapat diartikan sebagai suatu wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Jadi dalam menjalankan operasional Ruang Baca ini dibutuhkan dibentuknya suatu organisasi pengelolaan dimana ada beberapa orang yang mempunyai fungsi berbeda namun mempunyai tujuan bersama.

Secara umum berdasarkan observasi lapangan kami merumuskan bahwa tujuan dibentuknya suatu organisasi diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Sebagai wadah untuk bersama-sama mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
Meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumberdaya yang dimiliki.

Sebagai wadah bagi individu-individu yang ingin memiliki jabatan, penghargaan, dan pembagian kerja.

Sebagai wadah untuk mencari keuntungan secara bersama-sama.

Organisasi berperan dalam pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.

Organisasi dapat membantun individu-individu untuk menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang dengan baik.
Sebagai wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan.

Kemudian hasil akhir yang kami harapkan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat ini adalah :

Adanya sekeompok orang yang mengelola taman baca dimulai dari jam buka sampai dengan jam tutup nya rumah baca.

Adanya sekelompok orang yang mengawasi kegiatan rumah baca ini untuk memastikan kegiatan masyaarat dirumah baca ini sesuai dengan tujuan dibangunnya rumah baca.

Adanya sekelompok orang yang memberikan edukasi kepada masayarakan akan pentingnya membaca dan membangun forum diskusi sederhana dirumah baca untuk memperkaya wawasan masyarakat.

Adanya sekelompok orang yang secara konsisten melakukan ajakan-ajak untuk mendatangi rumah baca bahkan untuk menjadi donasi rumah baca karena kedepannya rumah baca harus terus berkembang dan memiliki buku-buku yang up to date.

Adanya sekelompok orang yang merawat rumah baca ini memastikan segala fasilitas yang sudah disetiakan dirawat dan dapat berfungsi dengan baik.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masayarakat kami lakukan pada hari sabtu 21 Mei 2022 secara langsung di lingkungan RT05/RW01 Desa Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, mulai dari pukul 19.30 s/d 22.30 WIB waktu pelaksanaan sengaja kami lakukan pada malam hari karena bertepatan dengan malam minggu dan mayoritas dari pesertanya adalah anak remaja, jadi kami lakukan pelatihan dan pembinaan dengan nuansa yang sangat santai namun tetap fokus pada inti materi yang dibutuhkan.

Meskipun masayarakat yang kami undang tidak dapat hadir seluruhnya karena adanya kesibukan lainnya kegiatan PKM tetap berjalan dengan baik dan terjadi diskusi yang sangat membangun karena diantara peserta yang hadir yang masih duduk di bangku SMP dan SMA ternyata ada yang mempunyai keinginan untuk aktif didalam organisasi sekola yaitu OSIS, sehingga kami memanfaatkan kesempatan ini bukan hanya memberikan pelatihan dan pembinaan dalam membentuk organisasi pengelolaan ruang baca namun juga kami berikan pelatihan dan pembinaan terkait keorganisasian dimulai dari organisasi non formlah hingga organisasi formal, dimulai organisasi dalam lingkungan sosial, pendidikan bahkan gambaran organisasi dalam dunia kerjapun kami lakukan pembahasan.

Kesimpulan dari kegiatan PKM ini disampaikan oleh Hafis Laksmana Nuraldy, S.E., M.M., selaku ketua dalam pelaksanaan PKM ini, dalam kesimpulannya, beliau  menyampaikan bahwa generasi muda merupakan harta karun yang harus dijaga, dirawat dan dikembangkan, untuk itu setiap generasi muda perlu sekali untuk terus dibina dan didampingi untuk terus belajar dan berkontribusi langsung, sehingga mempunyai pengalaman berorganisasi, generasi muda harus tumbuh menjadi generasi yang lebih percaya diri, dan berkarakter, terutama dalam perkembangan kondisi sosial, jangan sampai generasi muda ini mudah terpengaruh dalam hal – hal yang negative sehingga menjadi generasi yang hanya bisanya ikut-ikutan bahkan mengikuti sesuatu fenomenal sosial yang tidak baik, diera digital seperti sekarang ini membaca bisa dilakukan tidak hanya melalui buku tetapi bisa melalui smartphone dari berbagai situs namun kehadiran ruang baca juga penting agar menjadi wadah dan ekosistem pertumbuhan dan perkembangan mental dan juga kepribadian generasi muda di lingkungan RT05/RW01 Desa Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, karena ketika bermain diruang baca dalam prakteknya tidak harus selalu membaca melainkan berinteraksi dengan sesame remaja lainnya secara langsung jauh lebih baik dan membangun mental dibandingkan iteraksi hanya melalui media sosial.

Penutup dari kegiatan PKM ini dilakukan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Yusep Prihanto, S.E., M.M. selaku Dosen Universitas Pamulang dan juga Putra Daerah atau warga local di RT05/RW01 Desa Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, dalam doanya Imbron mengajak semua peserta untuk turut mendoakan agar generasi muda dilingkungan RT05/RW01 Desa Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan selalu dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT, dijauhkan dari pergaulan-pergaulan yang tidak baik, tumbuh dewasa menjadi anak-anak yang berbakti kepada orang tua dan lingkungannya serta dapat membanggakan orang tua dan bermanfaat untuk lingkungannya.

Selanjutnya kegiatan PKM ini rencananya akan dilakukan kembali secara berkala kedepannya sebagai bentuk nyata dari pelaksanaan Tri Darna Dosen Universitas Pamulang.

Posting Komentar untuk "Pendampingan dan Pembinaan Pembentukan komunitas Ruang Baca Cerdas Indonesia Di Lingkungan RT05/RW01 Pondok Pucung, Pondok Aren Tangerang Selatan"